Keresek Part 2



Alhamdulillah akhirnya diberlakukan juga peraturan kantong plastik berbayar, lega rasanya. But wait! Apaaa? Cuma 200 perak??? Omijon ....
Sayang sekali, dengan 200 perak itu masih ada aja yang gak setuju. Kalau saya malah setujunya seribu perak aja sekalian. 200 itu dapet apa sih, permen sebutir aja 500 perak.
Sebenarnya tujuan pemberlakuan peraturan keresek berbayar ini adalah, supaya orang membawa sendiri kantong dari rumah. Eh, tadi saya dengar seorang ibu bilang, "Yah keberatan lah, masa suruh bawa kantong dari rumah?"
Sayang itu wawancara di tivi. Seandainya yang wawancara adalah saya, saya akan bilang, "Eh, Bu. Helllloooooww from the otherside .... Look at the the other places, Bu. Please, love the earth because we only have one earth." Lagipula apa gak sadar di dapur rumah yang namanya kantong keresek bejibun menuh-menuhin ruangan? Hehe, calm down Arwen.
Iya tujuannya kan supaya orang membawa sendiri kantong dari rumah, lalu limbah plastik bisa berkurang. Mungkin seharusnya, peraturan ini diikuti oleh peraturan kantong kanvas juga sekalian. Soalnya di beberapa minmar juga belum menyediakan kantong kanvas.
Kalau kampanye kantong kanvas saya yakin sih para aktivis pecinta lingkungan udah gak kurang-kurang usahanya. Salah satu acara favorit saya juga secara tidak langsung mengajak untuk mengurangi penggunaan kantong keresek dengan memberikan kantong belanja pada bintang tamunya.
Tahu kan, acara itu? Iya, yang, dari lahir udah keren. The one and the only the most beautiful presenter and the most adorable Sarah Sechan. Saya nge-fan sekali sama dia sejak dahulu kala. Gaya presentingnya, kemampuan bahasanya, busananya, I love everything about her.
Kembali ke keresek. Duh, jadi lupa udah sampai mana tadi.
O iya, kesadaran untuk menggunakan re-useable bag. Gak ada salahnya kalau kita bawa kantong sendiri, gak usah malu (walau saya malah pernah ditertawakan gara-gara itu). Tapi justru harus merasa bangga, setidaknya itu tindakan kecil kita untuk bumi tercinta yang cuma satu ini, bumi yang udah bolehin kita lari, nogkrong, tidur, bahkan ee diatasnya. Bumi yang mau kita perkosa (baca;push-up) kapan pun kita mau. Bumi tempat bertumbuhnya segala tumbuhan yang kita perlukan.
Adil gak sih, kalau kita malah ngasih dia keresek bekas yang gak perlu-perlu amat? Yang baru sekali pake, langsung buang? Yuk, ah kita sayangi lingkungan kita, dengan paling tidak kita gunakan lagi kantong yang ada. Jadi, walaupun tidak menghindari pemakaian karena itu sulit, setidaknya kita mengurangi pemakaian.
Iya mengurangi saja, soalnya banyak yang perlu keresek, misal daging, beras eceran, ikan, ayam, kan lebih enak dibungkus plastik. Ini khusus untuk masyarakat sebagai konsumen. Tadi ada yang ngasih masukan juga harusnya bungkus produk juga disoroti, iya saya sangat setuju.
Jadi bukan hanya konsumen yang harus mengurangi, tapi juga produsen produk-produk lain. Paling nggak, bungkus-bungkus makanan, kosmetik, minuman, itu memakai plastik yang ramah lingkungan. Jadi antara produsen dan konsumen saling bahu-membahu menunjukkan kecintaanya pada planet tercinta ini.
Seperti pesan VJ, Love the earth, because we only have one earth. Terima kasih dan maaf yang sedalam-dalamnya apabila dalam penyampaian menimbulkan perasaan tidak enak pada pembaca.
Karena tadi awalnya tidak salam, jadi saya tutup saja dengan bacaan, Alhamdulillah.
You don't have to agree with me ....
#OneDayOnePost


Komentar

  1. But i agree with you :-)
    hehe...biar yg belanja banyak besok besok bawa karung... Atau minimal harus nmbah bnyk budget buat kereseknya y mbk :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u so much Can, sudah berkenan membaca curhatan emak gaje ini, wkwkw. Kalau blnja banyak suruh pake dus mie instant aja. hihihi

      Hapus
  2. "Eh, Bu. Helllloooooww from the otherside ..." hehe... sampai ngebayangin kalau beneran ada di TV yang muncul bilang begitu, seru x ya? hehe...

    Keren banget Mba Arwen cara penyampaian pesannya. Semoga semakin banyak yang sadar akan tujuan diberlakukannya aturan tersebut. Aamiin..

    Sukses terus ya Mba Arwen.. ^___^ Tety ODOP

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIhihi, bukan lucu lagi bisa langsung dilempar sandal butut itu.

      Makasih banyak Can, sdah berkenan mampir di warung saya ini. AAAAMIIIN, semoga kita sukses bareng-bareng.

      Hapus
  3. Klo saya pikir malah berbeda... seharusnya jika memang utk menahan penggunaan plastik baiknya tidak sm sekali disediakan plastik di minmar atw warung2.. krn kesannya malah jd promosi utk beli kantong plastiknya.. ditambah harganya tidak membuat "jera".. hnya 200 perak.

    Dikota saya hal itu sudah di berlakukan di bbrp market.. disana sm sekali tidak diberikan kantong utk brg2 yg kita beli.. dan tidak menjual kantong plastik juga..
    Lah trus bagaimana jk brg yg dibeli banyak ?? Jawabanya market trsebut menyediakan kardus utk pembelian yg byk secara free... dan sy pikir ini lgkah yg baik utk menghijaukan bumi kita kembali.. krn kardus dpt terurai tdk spt plastik.

    Tp sy tetap setuju dg pemberlakuan 200 rupiah tsb.. krn langkh besar dimulai dr lgkh2 kecil..
    Semoga terus bermanfaat bagi semua...

    BalasHapus
  4. Klo saya pikir malah berbeda... seharusnya jika memang utk menahan penggunaan plastik baiknya tidak sm sekali disediakan plastik di minmar atw warung2.. krn kesannya malah jd promosi utk beli kantong plastiknya.. ditambah harganya tidak membuat "jera".. hnya 200 perak.

    Dikota saya hal itu sudah di berlakukan di bbrp market.. disana sm sekali tidak diberikan kantong utk brg2 yg kita beli.. dan tidak menjual kantong plastik juga..
    Lah trus bagaimana jk brg yg dibeli banyak ?? Jawabanya market trsebut menyediakan kardus utk pembelian yg byk secara free... dan sy pikir ini lgkah yg baik utk menghijaukan bumi kita kembali.. krn kardus dpt terurai tdk spt plastik.

    Tp sy tetap setuju dg pemberlakuan 200 rupiah tsb.. krn langkh besar dimulai dr lgkh2 kecil..
    Semoga terus bermanfaat bagi semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mungkin baru tahap awal jadi masih disediakan dan harganya relatif murah, 200.

      Tapi barangkali kurang efektif bisa lebih mahal, bahkan sampai tidak disediakan kantong keresek, setau saya kalau belanja di LOTTE juga tidak disediakan kantog keresek.

      Benar, langkah besar memang harus dimulai dari yang kecil, seseuatu yang baru juga pasti mendapat penolakan pun dukungan.

      Sukses terus buat Gan Junaidi, aaammiiiin.

      Hapus
  5. Setuju untuk meminimalkan penggunaan benda satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Can sudah berkenan.Jangan bosen main ke sini, wuehehehehe.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer