Bumbu Ulek

Hai Readers,


Hari ini Cergun mau membahas makanan nih, yaitu bumbu ulek. Yap! Sebagai orang yang tinggal di Indonesia pasti gak asing dengan bumbu masak yang satu ini. Bahannya pun beraneka rupa tergantung jenis masakan yang akan dibuat. Mulai dari bawang, rempah-rempah, dan aneka bumbu lainnya sebagai bumbu masakan Nusantara.

Cergun bukan mau membagi resep sih, soalnya aku sendiri gak jago masak. Hanya saja beberapa waktu lalu ada berita di televisi mengenai bumbu ulek/masakan yang terbuat dari nasi sisa dan cabe busuk. Nah loh! Apa gak bahaya tuh?

Hal semacam itu memang sudah sering dibahas di televisi. Namun sayang sepertinya  masyarakat banyak yang tidak takut atau kurang aware. Padahal kita harus memerhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Di Indonesia ini memamg banyak orangg pintar, termasuk pintar dalam hal curang.

Menurut Cergun sendiri sih ssalah satu penyebab hal itu bisa terjadi adalah karena rasa malas. Malas membuat sendiri, apalagi yang hidup di kota besar sering kali menggunakan dalih 'hemat' untuk membenarkan hal tersebut. Apalagi dengan jumlah anggota keluarga sedikit, jika dengan beli saja bisa menyingkat waktu, untuk apa repot-repot bikin bumbu ulek?

Itulah yang dimanfaatkan oknum penjual curang. Seharusnya kita mulai melepas ketergantungan kita terhadap barang dagangan, selama kita bisa membuat sendiri. Jika membuat bumbu ulek dianggap terlalu ribet, maka kita bisa menggunakn chopper atau blender. 

Atau kita bisa membeli bumbu masak instan buatan pabrik.

Komentar

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer