Hasrat Menulis



Sebenernya sih pengen banget ya, cerita ke sodara tentang hobi menulisku. Tapi ya gitu, nggak semua orang ngerti dan paham apa itu menulis. Ya kalau dapet support, kalau malah ditanya dapet duit apa nggak kan jadinya sakit sendiri. Soalnya, akunya masih belajar. Masih dalam tahap yang dasar benget, yah anggaplah tahap basement lah, heheheh. 

Kalau baru belajar, boro-boro dapet duit. Dapet pembaca aja tuh rasanya seneng bukan main. Apalagi kalau dapet masukan supaya ke depannya tulisan kita jadi lebih baik. Ya walaupun nggak semua orang mau sih membagi ilmunya, tapi kalau kita niat pasti adaaa aja kok yang mau berbagi ilmu menulisnya. Contohnya dulu pas baru gabung di Komunitas Bisa Menulis, aku sering diajarin sama Pak Isa Alamsyah. 

Padahal nggak semua member bisa dapet perhatian beliau. Kebetulan juga, beliau ini orangnya kritis, yah namanya juga jurnalis handal. Jadi aku belajar terus dan alhamdulillah itu gratis jatuhnya. Cuma modal quota supaya terhubung ke internet. Itu tak mengapa kan hobi aku juga main facebook. Akhirnya, aku beli buku beliau deh, supaya bisa belajar kapan waktu soalnya Om yang satu ini sekarang sibuknya minta ampun.

Selain Pak Isa, ada juga Om Airis yang nggak pelit ilmu. Beliau walau kadang komennya nyelekit tapi tetep asik. Apalagi baca karya beliau yang kaya diksi tingak dewa, wwuiiiih, keren deh. 

Sampai sekarang pun aku masih belajar di sana. Ada banyak teman yang juga tidak pelit ilmu, ada Oman, Diossa, Akibal, Gen. Belakangan ada ibu yang cantik, Nuzy and the gang, tambah lagi Asrori dan masih banyak lagi. Yang jelas, mereka tahu persis, kalau nulis itu orientasinya bukan uang. Jadi aku nggak perlu ragu atau bimbang untuk ngomong kalau aku pengen jadi penulis.

Tapi jauh sebelum aku kenal temen-temen yang udah kusebut, aku juga belajar dari Asmara Dewo (Bang Mara). Waktu itu dia juga lumayan rajin ngasih masukan. Nah, sekarang aku jadi salah satu kontributor untuk situsnya, Asmarainjogja.id 

Iya kalau masih baru belajar memang gitu, dapet apresiasi tuh rasanya seneng banget. Rasanya seneng dan seru. Eh tapi pernah juga ada orang yang nyerang aku loh di FB. Dia sama temen-temennya meremehkan gitu karena tulisanku belum masuk media cetak. Tapi tak apalah, yang penting belajar. Jika sudah waktunya nanti juga dimuat di media cetak. 

Lebih seneng lagi ada saudara. Keluarga Bang Amin di Depok yang waktu itu aku main dan ngerasa betah dan seneng ada di sana. Terus aku tulis deh kesanku. Mereka baca, dan sepertinya suka. Lalu aku bilang aja kalau aku pengen jadi penulis. Terus dibilang kalau aku sudah jadi penulis, wkwkwk. Penulis status pun kerenlah. 

Yah mau gimana lagi kalau udah terlanjur nyemplung begini. Tidak ada cara selain belajar lagi dan lagi. Latihan, baca, baca, latihan, baca. Membaca apa saja. Menangkap ide apa saja sesederhana apa pun di sekitar. Kalau lagi nggak ada ide ya, ngegaje aja. Hehehehe.

Buat temen-temen yang juga suka nulis, ayo kita giatkan belajaar! Yeyyyiiihaaaaa >_< 




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer