Dunia tanpa Cahaya


Judul     : Dunia tanpa Cahaya

Penulis  : Ramaditya Adikara

Editor    : Ariata

Setting   : Binudi

Korektor: Ratih

Penerbit : Penerbit Andi

Cover by dan_dut

ISBN: 978-979-29-5294-0

Cetakan pertama: 2015



Cinta datang lewat pandangan pertama 

Kita pasti sudah akrab dengan quote di atas. Atau ungkapan, "Dari mata turun ke hati." Kata-kata itu adalah sebuah pertanyaan yang mengawali perjumpaan saya dengan novel karya Master Rama ini. Selaras dengan judulnya, novel inspiratif ini ber-cover biru gelap dengan tambahan warna hijau yang juga gelap.

Apa jadinya jika hidup tanpa cahaya? Kita akan temukan jawabannya dalam novel setebal 216 halaman ini. Dari kisah persahabatan Rama, pemuda tunanetra yang berkuliah di kampus orang normal, kisah cinta remaja, bahkan kisah cinta orangtua kepada anak. Novel berdurasi baca kurang dari dua jam ini, sangat komplit.

Lucu, menginspirasi, seru, romantis, manis, bahkan mengharu biru. Tidak heran jika cover-nya didominasi warna biru. Kita akan dibuat tersentuh oleh kisah persahabatan Rama dengan teman-teman di BEM Fakultas dengan berbagai karakter yang berbeda-beda dan gokil.

Yang spesial dari novel ini adalah kehadiran Wahita. Bidadari error yang mewarnai hari-hari Rama. Sosok imajinatif yang satu ini, super duper keren. Bisa bikin ngikik-ngakak bahkan sampai bikin air mata berderai.

Bagian terbaik dari novel ini menurut saya ada di halaman 168.

"Tapi, apa yang mau Rama bawa untuk ketemu orangtua Shinta? Apa yang bisa Shinta tunjukkan sebagai kebanggaan di hadapan orangtua Shinta?"

Dari begitu banyak karakter dalam novel ini, tokoh Farah-lah yang berhasil memukau saya. (Sesama wanita tegar, uhuk!) Namun itu tentunya setelah tokoh Wahita.

Secara keseluruhan novel ini menggambarkan tentang cinta dari sudut pandang tunanetra. Tapi jangan salah, orang yang tidak tunanetra juga seringkali buta terhadap cinta yang ada di sekelilingnya. Jadi, novel ini recomended  banget buat kita semua, entah itu anak atau orangtua.

Sebenarnya ingin menulis panjang lebar mengenai novel ini, tapi nanti jadi membocorkan keseruan di dalamnya. Makanya segera miliki novel ini dan rasakan sendiri petualangan berbalut fantasi dalam Dunia tanpa Cahaya.

catatan khusus penulis pemula: Dalam novel ini kita bisa belajar banyak, antara lain belajar bagaimana membuat karakter yang kuat. Setiap tokoh dalam cerita ini berkarakter kuat. Bahkan bab awal saja sudah mengajari kita bagaimana 'menyeret' tokoh agar tidak terkesan tempelan. Good Job buat Master Rama, deh.

Komentar

  1. Bagus, novel yang cukup menginspirasi.. ^^
    Semangat, terus berkarya.

    BalasHapus
  2. :) Terima kasih sudah berkenan membaca.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer