Kamar Mandi Kinclong Dalam Hitungan Menit Sambil Cerita





Halo, Gorgeous!
Senang jumpa lagi. Kali ini aku mau cerita dikit. Bukan update cerita fiksi lagi ya. Hihi, jadi kemarenan aku entah mengapa sudah bukan member grup facebook KBM, Alhamdulillah, sepertinya dikeluarkan atau gimana. Jadikan tiba-tiba aku punya semacam bank naskah fiksi gitu yang mana kalau mau, tiap hari aku bisa update blog :V haaha curang ya.
Ya, karena sayang juga lah tulisan-tulisan lama itu bisa ditulis ulang sebenarnya diperbaiki gitu atau dibiarin kayak gitu aja. Karena aku udah berlatih nulis di grup itu sejak akhir 2015 jadi pasti banyak banget kan tulisan-tulisan entah gaje atau iseng.
Itupun sebenarnya, sudah banyak banget yang kuapus. Karena aku tuh kadang gimana ya? Semacam ada rasa jijik gitulah kalau baca tulisanku sendiri. Tapi bukan itu yang mau aku certain karena di sini aku mau berbagi tips untuk membersihkan kamar mandi.
Jadi kemarin malam, saat kami lagi jalan-jalan malam, suamiku bilang mau beli produk apa buat bersihin kamar mandi. Aku bilang jangan pembersih yang keras. Dia malah nyebutin salah satu merk pembersih toilet. Aku bilang itu cuma buat toilet bukan kamar mandi keseluruhan.
Nah, tiba-tiba teringat sebuah ide dan kenangan. Jadi waktu itu, sekitar seribu lima ratus tahun yang lalu, aku pernah membersihkan kamar mandi yang udah jorok banget pakai garam citrun. Jadilah aku bilang, udah urusan kamar mandi serahin aku aja besok aku bersihin pake garam citrun beli di warung sayur ada.
Nah keesokan harinya aku belilah garam itu sebanyak tiga bungkus. Sebungkus harganya Rp.1500. Terus aku sengaja nggak nyetrika, karena ngira akan makan banyak waktu dan capek. Jadi hari itu aku cuma masak, bersihin lantai dan cuci kamar mandi. Sebelum aku sikat, garamnya dilarutin dulu ke dalam air. Ya kira-kira aja setengah ember kecil, lalu air larutan itu disiramkan ke seluruh kamar mandi (yang perlu).
Setelah beberapa menit, aku sikat-sikat lantainya, dindingnya, pintunya sambil disirami pakai air bersih. Eh, gampang banget bersihnya ternyat memang ampuh banget. Nggak pakai capek kayak biasanya aku pakai diterjen bubuk :V
Kotoran-kotoran langsung kayak pada copot gitulah sampe yang keliatannya bersih pun ternyata nggak sebersih itu. Asyeek. Nah, di situ aku jadi inget dong kenangan seribu limaratus berapa tadi ya? Tahun yang lalu.
Waktu itu aku lagi ada di asrama atau penampungan calon TKW. Yang mana di situ aku adalah satu-satunya newbie yang milih kelas Hong Kong. Kebanyakan newbie kek aku mereka pilih atau dianjurkan ke kelas Singapore. Nah, di situ aku juga agak aneh ya.
Karena gini, kewajiban semua calon di situ kan belajar kalau siang, terus malam juga belajar ada piket giliran juga untuk masak, bersih-bersih lingkungan, dll. Kami itu sebenarnya harus terkurung. Tapi lucky me, yang kubilang aneh tadi, aku dapat membantu tukang belanja dan itu kesempatan keluar. Nggak jarang juga dapat kesempatan jalan-jalan sore keluar.
Terus, jujur aku itu bosen banget kan di kelas bahasa kantonis yang mana pelajarannya monmpaap itu-itu aja, ngapalin kosakata, terus percakapan simple yang nanti pada saatnya sampai di Hong Kong malah nggak gitu guna :’(
Jadi aku cari-carilah alasan. Oke, pelarianku ke acara piket masak atau piket bersih-bersiih gitu. Termasuk nyuci bekas makan berapa puluh orang dan alat masaknya juga. Di asrama itu aku jadi rajin yang mana aslinya males banget…. Pokonya di situ aku menikmati banget yang namanya bersih-bersih. Pernah satu kali, aku sama sepupu lagi nyuci bekas makan. Terus datang kawan senior dari kelas HK marah di situ dia bilang, “ Woy, siapa yang piket cuci piring? Jangan manfaatin anak baru dong.”
            Terus gitu aku sama sepupu selow aja. Lalu ya, nama yang ada di piket disebut kenceng-kenceng tapi ya gimana udah mau selesai kerjaan kami haha! Selain itu pemilik jasa penyalur TKI itutuh kayak ngebiarin aku jadi semacam leader gituloh, buat anak-anak kelas S’pore. Ya memang sebagian besar mereka tuh masih muda-muda, samalah sama aku dulu. Terus anak-anak kelas S’Pore juga kayak mau-mau aja aku pimpin misalnya, senam pagi dan sore, pimpin bersih-bersih kantor atau rumah inti yang dihuni keluarga Momi. Sama lagi misalnya bersih-bersih kebun yang udah gelap gitu, nyortir tanaman yang udah terlalu banyak, dll.
            Oke, sebenarnya selama masa karantina itu da banyak kejadian sedih, pedih dan absurd banget sih. Tapi buat apa, aku bakalan lebih suka inget-inget bagian senengnya tow….
            Nah, terkait bersih-bersih kamar mandi ini. Kelas HK yang isinya cuma berapa belas orang gitulah tinggal di satu lantai atas sebuah rumah. Btw,  tempat karantina itu terdiri dari tiga rumah besar dijadiin satu loh. Nah, kami nempatin salah satu lantai atasnya aja itu masih longgar banget. Kamar mandi kamipun kamar mandi standar yang kecil-kecil dan ada beberapa. Jadi gampanglah bersihin kan.
            Beda dengan kamar mandi kelas S’Pore yang memang kayaknya dibikin khusus untuk orang banyak. Jadi kamar mandinya itu ada bak penampungan air yang super gedeeeeee…. Itu ada dua ruang yang sama-sama gede di lantai bawah rumah tengah. Mereka itu males bersihin kayaknya karena banyak orang jadi pediren gitu nggak sih? Semacam saling mengandalkan.
            Nah, kesempatan deh pas aku bersih-bersih kamar mandi kelas HK, sekalian aku bersihin kamar mandi mereka. Nah, di situlah bak yang udah item banget itu dikuras, dikasih larutan garam citrun terus digosok-gosok, alirin air, jadi deh bersih lagi.
            Terus? Apakah aku senang? Jujur aku kadang ya capek juga yakan. Tapi mau gimana ya, anak-anak kelas S’Pore tuh semacam kayak adik-adik gituloh buat aku. Mereka tuh cantik-cantik dan jangan kira berasal dari keluarga miskin aja. Banyak diantaranya juga anak orang berada. Bahkan nih ya, ada anak seorang pemilik jasa penyaluran TKI juga.
            Aneh? Nggak sih. Motif orang mau ke LN jadi TKI kan beda-beda nggak semuanya motip ekonomi. Jadi kalau ada yang masih agak manja-manja dikit ya, wajarlah. Pun ya, beban belajar anak S’Pore tuh berat banget meskipun pelajaran utamanya bahasa Inggris. Tapi rasanya beda banget sama kelas HK yang mungkin ya dianggap nggak newbie, karena semua udah pernah terbang (:kecuali aku) jadi ya gitudeh.
            Bahkan anak-anak kelas S’Pore juga banyak yang ngeluh tentang beban belajar ini. Padahal loh, bukannya sok pinter ya, basa Inggris sama basa Kantonis kan ya jauhlebih susah kantonis. Karena itu sesuatu bahasa yang benar-benar baru, itu menurut aku pribadi. Karena sebodoh-bodohnya orang dalam bahasa Inggris at least di sekola, di tv atau di mana pasti pernah ketemu yang namanya bahasa Inggris.
            Nah, intinya ya itu tadi. Garam citrun itu ampuh banget ngerontokin kotoran. Cuma dilarutin aja pake air. Tapi kulit sensitive ati-ati gatel, soalnya aku kulit badak jadi nggak pa-pa. Terus apalagi ya, kekurangan bersih-bersih pakai ini tuh, ya bersih doing nggak wangi. Jadi tetep kita butuh karbol atau apalah yang wangi setelahnya. Itulah ceritaku sekaligus tips dari aku untuk membersihkan kamar mandi. Tapi kamar mandi nggak kufotolah, ya gimana sih kamar mandi kost yang begitulah kalian tau.
            Sekian semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Betapa mulianya hatimu bantu share kakaaaaa……
            Jadi gimana, tertarik untuk coba?
           
             


Komentar

  1. Aku kenal si acid ini waktu kerja di kusus. Tmn kos ngasih tau kalo ini bagus banget buat bersihin bak mandi. Pas nyoba, beneran okešŸ¤£murah, mantul pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Padahal aslinya inikan makanan yak.. :v

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer